Bantu Yatim dan Dhuafa’, LAZISNU dan FATAYAT Jepara Gelar Sunatan Massal

Jepara – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jepara kembali mengadakan Sunatan Massal di Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ (MWC NU) Kecamatan Bangsri dan Donorojo pada hari Sabtu (28/11/2020).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Gedung tempat berlangsungnya acara dipadati puluhan peserta yang datang dari beberapa desa dengan raut wajah yang terlihat beragam. Ada yang tampak bersedih, sebagian lainnya tidak terlihat sedih bahkan cuek dengan keadaan dan lebih memilih fokus dengan gawainya.

Para peserta sunatan massal adalah 67 anak yatim piatu dan fakir miskin di Kecamatan Bangsri, Mlonggo, Pakis Aji, Donorojo dan Kembang yang dikordinir oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU setempat.

Nanik, Ketua PC Fatayat NU Jepara menjelaskan bahwa setiap peserta yang disunat mendapatkan baju koko, peci, sarung, ikat pinggang, sandal, tas dan uang saku.

“Semua kami berikan secara gratis sebagai bentuk kepedulian kepada mereka yang memang kekurangan ,” ungkapnya.

Kegiatan diawali dengan pawai mengelilingi Desa Jerukwangi, lapangan bangsri menuju lokasi sunatan dengan 3 mobil odong-odong. Tak hanya itu, Pawai juga dimeriahkan oleh Rebana El Faza hingga sampai di tempat sunat yakni di Omah Joglo kediaman KH Nuruddin Amin (Gus Nung).

Wakil Ketua Pimpinan Cabang NU Jepara, KH. Hilaludin, S.H. bahagia melihat anak-anak rapi berpakaian NU dan siap untuk disunat.

“Saya terharu melihat anak-anak yg mau disunat pakai pakaian putih berlogo NU, pecinya juga NU. Mudah-mudahan logo-logo NU itu menempel pada jiwa-jiwanya dan anak-anak tersebut tumbuh menjadi generasi penerus yang berguna bagi nusa bangsa, agama, dan Nahdlatul Ulama’,” ungkap Hilal.

Pada kesempatan berbeda, Ketua PC LAZISNU Jepara K.H. Moh. Ma’shum Abdul Hamid, S.Pd.I, MM.,  berterimakasih atas antusiasme masyarakat. Kegiatan juga dapat berjalan dengan baik lantaran banyaknya pihak yang peduli dan membantu.

“Syukur alhamdulillah, Antusiasme masyarakat luar biasa. Semua ini tidak bisa berjalan tanpa bantuan PC NU, fatayat, pemerintah daerah dan saudara-saudara kita yg turut serta menyalurkan donasi,” kata Ma’shum.

Ma’shum sengaja mengutamakan yatim dan anak-anak yang tidak mampu di desa setempat untuk dijadikan peserta sunatan. Hal ini bertujuan untuk membantu anak-anak dhuafa’ yang sudah waktunya disunat namun terkendala biaya sunat.

Para orang tua terlihat bahagia dan terharu begitu melihat anaknya dikhitan. Tak lupa mereka berterima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Senang sekali akhirnya ada sunatan massal. Ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa NU benar-benar memberikan pertolongan. Terimakasih NU, semoga kegiatan seperti ini terus ada di bulan berikutnya. Soalnya warga NU Jepara membutuhkan,” kata Munzammil yang anaknya dikhitan.

(Lazisnujpr/MH)

KEMBALI BANTU WARGA MISKIN, LAZISNU DAN FATAYAT NU JEPARA SALURKAN SEMBAKO DI TROSO

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten...